PENGARUH PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PLAJU PALEMBANG TAHUN 2019

Main Article Content

admin
Guna Phantiasa
Leni Wijaya

Abstract

Puskesmas (health center) adalah suatu kesatuan organisasi fungsional yang langsung memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat dalam satu wilayah kerja tertentu dalam bentuk usaha-usaha kesehatan pokok. Pelayanan yang diberikan oleh puskesmas secara menyeluruh yang meliputi jenjang pelayanan-pelayanan promotif, preventiv, kuratif, dan rehabilitas.Pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan merupakan unit pelayanan terdepan bagi setiap puskesmas. Pelayanan pendaftaran pasien harus mampu mencakup informasi penting mengenai data sosial pasien. Pemberi pelayanan sebaiknya berpenampilan rapi dan berkomunikasi aktif untuk mendukung pelayanan di puskesmas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan terhadap kepuasan pasien Di Puskesmas Plaju Palembang 2019. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 79 responden.penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi linier sederhanan. Hasil Uji regresi liner sederhana didapat ada pengaruh pada variabel pelayanan pendaftaran dan variabel kepuasan pasien Di Puskesmas Plaju Palembang dengan nilai ( p) sig (0,000 < 0,05) dan t hitung 6.092 >  t tabel 1.994. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan untuk mengadakan evaluasi secara rutin  bagi pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan  khususnya di Puskesmas Plaju Palembang dalam meningkatkan pelayanan terutama pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Doli, Jenita. 2016. Metodologi penelitian Keperawatan.Yogyakarta: Pustakabarupress.

Jenitha, Kiky. 2018. Pengaruh Kualitas terhadap kepuasan pasien RSU Surya Husada Di Denpasar Tahun 2018. Jurnal Management Unud, Vol 7, No. 5, 2018.

Kuntoro, Wahyu. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol.2 No. 1, Mei 2017.

Laela, Ma’rifatun. 2009. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Wates Tahun 2009.

Maulida, Nur. 2015. Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan rawat jalan pada puskesmas pembantu Desa Menamang kanan kecamatan muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2015.
Masruroh. 2015. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Muninjaya. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Maulida, Nur. 2015. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Pembantu Desa Menamang Kanan Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2015.

Nofianan, Hendri. 2011. Hubungan mutu pelayanan pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar Tahun 2018. Jurnal kesehatan, ISSN. 1997-9551, VOL. V NO.1, Maret2011.

Nursalam. 2011. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metode penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nasution. 2010. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ratminto. 2018. Manajemen Pelayanan pengembangan model konseptual, penerapan citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Swastha Dharmmesta, Basu. 2016. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: 2016

Utami, Aulia.2016. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran dengan kepuasan pasien di tempat pendaftaran pasien rawat jalan (TPPRJ) di RSUD Sukoharjo.

Wawan dkk. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Prilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yeni, Indira. 2017. Kepuasan Pasien TNI Terhadap Pelayanan Pendaftaran rawat jalan dengan metode Importance Performance Analysisi di RSPAU Dr. Hardjolukito.j. Jurnal Kesehatan Vokasional,Vol 1, No 2, April 2017.