PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS LONG LOREH
DOI:
https://doi.org/10.52047/jkp.v15i1.371Kata Kunci:
Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, ASI EksklusifAbstrak
Pendidikan kesehatan atau promosi kesehatan adalah suatu bentuk intervensi atau upaya yang ditujukan kepada perilaku, agar perilaku tersebut kondusif untuk kesehatan. ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa tambahan makanan apapun pada anak dari 0-6 bulan. Faktor yang mempengaruhi pemberian ASI Eksklusif yaitu pengetahuan dan sikap ibu. Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia tahun 2019, cakupan ASI eksklusif di Indonesia 6 bulan sebesar 50%, belum memenuhi target kemenkes RI yaitu 80%. Tujuan penelitian ini untuk diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif di wilayah kerja UPTD Puskesmas Long Loreh tahun 2024. Desain penelitian kuantitatif menggunakan rancangan eksperimen dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini ibu yang menyusui atau mempunyai bayi di posyandu Puskesmas Long Loreh dengan Total Sampling, berjumlah 55 ibu. Teknik analisis data dengan uji statistic. Uji wilxocon (?=0,05). Hasil penelitian univariat: pengetahuan sebelum pendidikan kesehatan yaitu pengetahuan baik hanya (27,3%), pengetahuan cukup (50,9%) dan kurang baik sebesar (21,8%), setelah pendidikan kesehatan pengetahuan baik meningkat menjadi (72,7%), dan pengetahuan cukup (27,3%).Berdasarkan uji wilcoxon signed rank test didapatkan hasil p-value 0,000 (p<0,05) yang artinya ada pengaruh antara pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif di wilayah kerja UPTD Puskesmas Long Loreh.
Unduhan
Referensi
Anjelina, Elis et al. 2023. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Pemberian ASI Ekslusif Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Marina Permai Kota Palangka Raya Tahun 2022.” Jurnal Surya Medika 9(1):126–36. doi: 10.33084/jsm.v9i1.5159.
Cellina Reyes. 2018.Investigating the effectiveness of school-based breastfeeding education on breastfeeding knowledge, attitudes and intentions of adolescent females Jurnal. Midwifery
Jira. 2019. Perbedaan Pengetahuan Ibu Hamil Sebelum Dan Sesudah Diberikan Penyuluhan Asi Eksklusif Di Desa Gedanganak Kabupaten Semarang. Universitas Ngudi Waluyoungaran, 1–9. https://doi.org/.1037//0033- 2909.I26.1.78
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Profil Kesehtaan Indonesia Tahun 2020. edited by Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2020. Jakarta.
Notoatmodjo S. 2018. “Ilmu Perilaku Kesehatan.” in Ilmu Perilaku Kesehatan, edited by Rineka Cipta. Jakarta.
Qudriani, Meyliya et al. 2018. “Pengalaman Menyusui Secara Eksklusif Pada Ibu Primipara.” Jurnal Kebidanan Indonesia 2(2):92–96.
Sabriana, Riska et al. 2022. “Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pemberian ASI Eksklusif.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 11:201–7. doi: 10.35816/jiskh.v11i1.738.
Virgo, Gusman. 2021. “Pengaruh Teknik Menyusui Terhadap Keberhasilan Menyusui Pada Bayi Di Ruang Rawat Inap Aulia Hospital.” Jurnal Ners 5(1):28–31. doi: 10.31004/jn.v5i1.1675.
World Health Organization (WHO). 2022. “Infant and Young Child-Feeding.”