HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN
DOI:
https://doi.org/10.52047/jkp.v15i1.335Kata Kunci:
Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan KeperawatanAbstrak
Kepuasan pelanggan atau pasien adalah perasaan puas atau kecewa seseorang setelah membandingkan kinerja pelayanan terhadap kinerja yang diharapkan. Kualitas pelayanan tidak luput dari kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di IGD RS Pusri Tahun 2024. Metode penelitian menggunakan metode analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua pasien yang datang pada bulan Januari 2024. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian didapatkan distribusi frekuensi sebagian besar responden menyatakan puas sebanyak 62 responden (64,6%), sebagian besar responden mendapatkan kualitas pelayanan keperawatan yang baik sebanyak 72 responden (75%). Hasil uji statistik chi square didapatkan ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di IGD RS Pusri Palembang tahun 2024 dengan nilai p.value = 0,003 dan OR = 4,649. Diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi RS Pusri Palembang untuk perbaikan mutu pelayanan keperawatan guna memenuhi harapan dan kepuasan pasien khususnya yang sedang menjalani perawatan di IGD, sehingga dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya yang diambil dalam mengukur kebijaksanaan dimasa yang akan datang khususnya dalam hal daya tanggap perawat terhadap pasien dan keterampilan perawat dalam menangani pasien agar lebih ditingkatkan lagi sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.
Unduhan
Referensi
Anjaryani, W.D. (2009). Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang, 1(1), 16-35
Budianto, A., Mardiyah, S., & Setyaningrum, I. (2023). Hubungan antara Mutu Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang IGD RS Mitra Siaga Tegal. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 6(2), 201-209. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/article/view/7848
Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50-63.
Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Lasa, Imelda. Pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien baru di ruang instalasi gawat darurat rsud kefamenanu. Chmk nursing scientific journal, 2021, 5.1: 6-17. http://cyber-chmk.net/ojs/index.php/ners/article/view/958
Keputusan Menteri Kesehatan No. 129/Menkes/SK/II tahun 2008, Tentang Standar Pelayanan minimal Rumah Sakit, Jakarta
Karaca, A., & Durna, Z. (2018). Patient satisfaction with the quality of nursing care. Nursing Open, 5.
Muhlisin, Fatkhul; Bayhakki, Bayhakki; Arneliwati, Arneliwati. Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di UGD RS awal Bros Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 6.1: 114-118. https://jnse.ejournal.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/24031
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam, (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan:.Pendekekatan Praktis Edisi 4. Jakarta : Salemba Medika
Notoatmodjo, S. (2018). Metode Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 270-277. https://jiap.ub.ac.id/index.php/jiap/article/view/936
Shilvira, Ayu; Fitriani, Arifah Devi; Satria, Beni. Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (SIKONTAN), 2023, 1.3: 205-214. https://publish.ojs-indonesia.com/index.php/SIKONTAN/article/view/575
Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), pp.9-15.