INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI UPTD PUSKESMAS BETUNG KABUPATEN OKU TIMUR TAHUN 2023
DOI:
https://doi.org/10.52047/jkp.v14i27.261Kata Kunci:
Kepuasan, pelayanan, Indeks kepuasan masyarakatAbstrak
Permenkes RI No. 30 tahun 2022,Kepuasan pasien adalah hasil penilaian pasien terhadap kinerja pelayanan yang diberikan.UPTD Puskesmas Betung melakukan pelayanan namun dijumpai menumpuknya antrian pendaftaran, ruang tunggu apotek,ruang tunggu poli, penanganan pengaduan saran kritik yang belum berfungsi,belum dilakukannya survey atau IKM terhadap pelayanan Kesehatan yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai IKM di Puskesmas Betung tahun 2023.Metode penelitian menggunakan deskriptif pendekatan kualitatif dengan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada PERMENPAN RB Nomor 14 Tahun 2017 dengan sampel sebanyak 140 orang. Berdasarkan perhitungan Indeks kepuasan masyarakat dari 9 indikator nilai IKM tertinggi adalah unsur Produk Spesifikasi Jenis Layanan dengan nilai IKM sebesar 3,32 dengan nilai konversi IKM 83,00.sedangkan Nilai IKM terendah adalah unsur Penanganan Pengaduan Saran Masukan serta unsur Sarana dan Prasarana dengan nilai IKM sama yaitu 2,97 dengan nilai konversi IKM 74,25. Maka Indeks Kepuasan Masyarakat yang mengacu pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 14 tahun 2017 diperoleh angka Indeks sebesar 79,50 yang berada pada interval 62,51 – 81,25, sehingga kualitas pelayanan kesehatan berada pada tingkat “B(Baik)”. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan UPTD Puskesmas Betung secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan tingkat kepuasan masyarakat “Baik” juga.
Unduhan
Referensi
Darham, Dian. (2021) . Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dari Puskes
mas Lubuk landau Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains Volume 1,No.1 Januari,2021.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Kotler, Philip. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006).Manajemen pemasaran jasa. Language, 18
(298p), 26cm.
Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.
Mumu, L. J. (2015). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. JIKMU, 5(4).
Nesimnasi,V.(2019). Indeks Kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan public di puskesmas Oepoi kota Kupang”.Jurnal of community health Volume 01 Nomor 04, Desember 2019.
Notoatmodjo, S, (2012a), Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S, (2012b), Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ombudsman Republik Indonesia. https://ombudsman.go.id/ Laporan Tahunan 2023. Jakarta: Sekretariat Jenderal Ombudsman RI. 2023.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan Dan Unit Transfusi Darah.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 4 Tahun 2019 Tentang Standar Tekhnis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor. 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Profil UPTD Puskesmas Betung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur Tahun 2023.
Rumita, Sari, Guspianto. (2021). Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Puskesmas Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi Vol. 5 No. 1 Maret 2021.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta.
Wachruroji, M. R., Irawani, B., & Paselle, E. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Gunung Sari Ilir Kecamatan Balikpapan Tengah. EJournal Administrasi Negara, 7.
Warnadi. (2019). Analisis IKM Pada Kantor Camat Rengat Kab. Indragiri Hulu
Jurnal Bisnis Kompetitif Volume 1 No. 2 2019.
Widjaya, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat Di Kantor kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Jurnal Administrasi Dan Studi kebijakan Volume 1 Nomor 2 Edisi Maret 2019.