HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANSIA DI POSYANDU LANSIA DESA BUMI PRATAMA MANDIRA

Penulis

  • R.A Fadila Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna
  • Nanik Widiyawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna

DOI:

https://doi.org/10.52047/jkp.v15i1.141

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Posyandu Lansia

Abstrak

Kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting karena dengan pelayanan yang baik maka kepuasan pasien juga akan berdampak positif bagi posyandu lansia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien lansia.. Metode: penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi explanatory research. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Lansia di Posyandu Lansia Desa Bumi Pratama Mandira berjumlah 105 responden.  Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil analisis univariat diketahui bahwa dari 50 responden didapatkan responden yang puas sebanyak 31 responden (62%) dan responden yang kurang puas sebanyak 19 responden (38%), kualitas pelayanan baik sebanyak 41 responden (82%) dan kualitas pelayanan kurang baik sebanyak 9 responden (18%). Hasil uji statistic chi square diketahui bahwa ada hubungan kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien lansia di Posyandu Lansia Desa Bumi Pratama Mandira (p value = 0,018 < ? 0,05). Saran: diharapkan  perawat dan petugas di Posyandu untuk berupaya meningkatkan pelayanan yang diberikan dengan cara memberikan dukungan atau motivasi untuk bekerja dengan baik dalam rangka memenuhi harapan pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan lansia yang berkunjung ke posyandu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambariani. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan pada kepuasan pasien lanjut usia di Puskesmas Santun Lanjut Usia Kabupaten Bogor Jawa Barat. Tesis. Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Arianto, N. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 1(2): 123-134.

Bappenas R.I. (2011). Rencana Aksi Nasional Pangan Dan Gizi 2011-2015. Bappenas Republik Indonesia, Jakarta.

BPS RI. (2016). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2015. Jakarta: Badan Pusat Statistik RI.

Darus, Muhammad Dhio dan Kasyful Mahalli. (2014). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol.3(6).

Falaha T, Worku A, Meskele M, and Facha W. (2016). Health care seeking behaviour of elderly people in rural part of Wolaita Zone, Southern Ethiopia.

Fandi Sudiasmo et al. 2021. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan lansia (studi kasus didesa gledug kabupaten blitar). Universitas Islam Blitar.

Fia Dewi Auliani. (2021). Tingkat kepuasan pada pasien lanjut usia terhadap kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas Idi Rayeuk. Jurnal Sains Riset.

Holdiana. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat. PROFESI (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian

Kemenkes RI. (2015). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2015 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Lanjut Usia Di Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Maila, I. EL. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau dari Mutu Pelayanan, Persepsi dan Respon Time di Puskesmas.

Maila. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Geriatri Ditinjau dari Mutu Pelayanan,Persepsi dan Respon Time di Puskesmas. 1–20 p.

Maya Sari et al, (2023). Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien lansia di UPTD Puskesmas Ranto Peureulak kabupaten Aceh Timur tahun 2023. Universitas sari mutiara Indonesia.

Medisa, D. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Depok I. Skripsi. Universitas Islam Indonesia : Yogyakarta.

Putri WCWS, Yuliyatni PCD Aryani P, Sari KAK, Sawitri AAS. Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Modul Pembekalan Manajemendan ProgramPuskesmas. 2017.

Rizqi, A. W. M. 2020. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Sisir Kota Batu. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rosdiana, Riski, Iyus Akhmad Haris, Kadek Rai Suwena,. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1).

Sa’diyah, S. 2016. Gambaran Psychological Well-Being dan Stres Pengasuhan Ibu dengan Anak Autis. SEMINAR ASEAN 2nd PSYCHOLOGY & HUMANITY, 19–20. Retrieved from http://mpsi.umm.ac.id/files/file/394-399 Sakhiyyatus Sa’diyah.pdf

Diterbitkan

2025-01-31