ANALISIS PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT AR-ROYYAN INDRALAYA TAHUN 2021
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Keberhasilan suatu rumah sakit dalam menjalankan fungsinya ditandai dengan adanya peningkatan mutu pelayanan dalam suatu rumah sakit . Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit menjadi satu hal yang ditekankan bahkan diwajibkan untuk menjadi satu tolak ukur hasil pencapaian kerja, oleh karena itu diperlukan adanya mutu yang baik untuk dapat menciptakan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan hasil evaluasi setelah membandingkan apa yang dirasakan dengan harapannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi pasien terhadap mutu pelayanan rumah sakit dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18-22 Maret 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya dengan 57 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Analisis data dilakukan uji univariat dan bivariat, kemudian dilakukan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian uji statistik diperoleh nilai p value = 0,00 < ? (0,05) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara Persepsi Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya Tahun 2021. Saran bagi Rumah Sakit Ar-Royyan Indralaya perlu secara rutin mengamati pelayanannya dan selalu meningkatkan mutu pelayanan yang menurut pasien belum sesuai dengan yang diharapkan oleh pasien. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih memperhatikan akan kebutuhan dan keinginan pasien, peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana, jaminan rasa aman, nyaman, dan kepercayaan serta pelayanan yang dijanjikan secara cepat, akurat, dan pasti sehingga akan meningkatkan kepuasan pasien.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Persepsi
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Referensi
-
Astutik. Emi Elliya. Achmad Efrizal A. Dan Said Madijanto. 2020. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Rawat Jalan. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi, volume 8, nomor 2”. Diakses pada tanggal 7 November 2020.
Hamzani, Dewi Gustiana. Nur Fitriyah dan Anwar Alaydrus. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Paien Rawat Inap Pengguna Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdul Moeis Samarinda”, Jurnal eJournal Ilmu Pemerintahan, volume 6, nomor 4, halaman 1593-1606. Diakses pada tanggal 7 November 2020.
Iman, Arief Tarmansyah dan Dewi Lena. 2017. “Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance”. Diakses pada tanggal 8 November 2020.
Izati, Anugrah. Ahmad Zacky A. dan Deni S. 2020. “Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di UPTD Puskesmas Binuang Tahun 2020”. Diakses pada tanggal 8 November 2020. Diakses pada tanggal 8 November 2020
Maulida, Nur. Theresia Militina dan Eka Y. 2016. “Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pada Puskesmas Pembantu Desa Menamang Kanan Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara”. Diakses pada tanggal 8 November 2020.
Muninjaya, A.A Gde. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Nursalam. 2016. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dan Praktek Keperawatan Profesional (Edisi 5). Jakarta: Salemba Medika.
. 2017. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dan Praktek Keperawatan Profesional (Edisi 6). Jakarta: Salemba Medika.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Pamungkas, Rian Adi. DKK. 2016. Statistik untuk Perawat dan Kesehatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook Analisis data, Olah data, dan Penyelesaian kasus-kasus statistik. Yogyakarta: MediaKom.
Ratminto, dkk. 2018. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Respati, Shinta Ayu. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Halmahera Kota Semarang. Universitas Semarang.
Sari, Febry Permata. 2018. “Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK. IV Madiun Tahun 2018”. Diakses tanggal 10 Januari 2021.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta
Supastiningsih, Solichah. 2017. “Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus pada Pasien Rawat Jalan”. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, volume 6, nomor 1. Halaman: 9-15. Diakses pada tanggal 9 November 2020
Taekab, Aprina Hetikus dan Criswardani Suryawati. Wulan Kusumastuti. 2018. “Analisis Persepsi Pasien terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semarang Tahun 2018”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, volume 7, nomor 1, januari 2019 (ISSN: 2356-3346). Diakses pada tanggal 7 November 2020
Tambuwun, Prisilia Zefanya. Ribka E. W Grace E. C. Korompis. 2020. “Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, volume 9, nomor 5, halaman 49-55. Diakses pada tanggal 7 November 2020
Tias, Yayi Ayuningsih. 2016. “Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan Pada RSU Siti Hajar Medan”. Jurnal Bisnis Administrasi, volume 5, nomor 2, halaman 33-41. Diakses pada tanggal 7 November 2020
Walyani. Elizabeth Siwi. 2015. Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Wati, Dwi Citra., Yeni Riza & Achmad Rizal. 2020. “Hubungan Persepsi Pasien pada Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2020”. Diakses pada tanggal 8 November 2020.