HUBUNGAN PARITAS DAN PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL DENGAN USIA MENOPAUSE PADA WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KENTEN PALEMBANG TAHUN 2019

Main Article Content

admin
Italia
Eka Trismiyana
Arista Lestari

Abstract

Menopause merupakan suatu bagian dari proses penuaan pada wanita, termasuk penuaan sistem reproduksi yang menyebabkan seorang wanita tidak lagi mendapat haid.Data dari Puskesmas Kenten Palembang pada tahun 2018 sebanyak 319 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan paritas dan penggunaan kontrasepsi hormonal dengan usia menopause pada wanita di Wilayah Kerja Puskesmas Kenten Palembang tahun 2019. Pada penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober – 04 November 2019. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 orang. Hasil penelitian diketahui  distribusi frekuensi responden dengan usia menopause normal sebanyak  19 responden (63,3%), responden paritas multipara sebanyak 20 responden (66,7%), responden yang pernah menggunakan kontrasepsi hormonal sebanyak 25 responden (63,3%). Hasil analisis bivariat diketahui bahwa ada hubungan antara paritas (p value = 0,015 <α = 0,05) dan penggunaan kontrasepsi hormonal   (p value = 0,047 <α = 0,05) dengan usia menopause di Puskesmas Kenten Palembang. Kesimpulan ada hubungan paritas dan penggunaan kontrasepsi hormonal dengan usia menopause, penelitian ini bertolak belakang dengan teori yang mengatakan makin sering melahirkan maka makin lambat usia menopause dan wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal semakin lambat mengalami usia menopause. Diharapkan tenaga kesehatan agar lebih meningkatkan pelayanan, pemberian informasi melalui konseling atau penyuluhan kepada wanita yang akan mengalami menopause tentang tanda-tanda menopause, dampak baik secara psikilogis maupun fisik sehingga masyarakat menjadi lebih paham tentang menopause.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fibrila Firda. 2014. Hubungan usia melahirkan terakhir, riwayat pemakaian kontrasepsi,menarche dan budaya dengan menopause di kelurahan Mulyosari Kecamatan Metro Barat. Jurnal Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang.

Friedman, M. 2010. Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek.. Jakarta: EGC.
Haryono Rudi. 2016. Siap menghadapi Menstruasi dan Menopause. Yogyakarta. Goysen Publishing.
Kumalasari, Intan. 2012. Kesehatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Lumongga, Lubis Namora. 2013. Buku PSIKOLOGI KESPRO Wanita dan Perkembangan Reproduksinya. Cetakan ke-1. Jakarta : Prananda Media Group.
Manuaba, Ida Bagus Gede.2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan Keluarga Berencana untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC,
Mulyaningsih Sundari dan Paramita Pradnya Dyah. 2018. Klimakterium Masalah dan Penanganannya dalam Perspektif Kebidanan. Yogyakarta. Pustaka baru
Notoatmodjo, S. 2012. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurdianti Ninyng. 2018. Hubungan paritas dengan usia menopause di Padukuhan Cangkringan. Jurnal Univ. Respati Yogyakarta.
Potter & Perry. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: EGC.
Prawirohardjo, Sarwono. 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta: YBPSP.
Profil Puskesmas Kenten Palembang tahun 2019.
Purnama. 2016. Gamabran Usia Menopause pada Wanita di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Jurnal
Purwoastuti Endang. 2008. Menopause, Siapa Takut?. Yogyakarta. Kanisius
Ratnawati, Ana. 2018. Buku Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Gangguan Sistem Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Saifuddin, Abdul Bari, dkk. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Sulistyawati, A. 2014. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika