ANALISIS PELAYANAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSI SITI KHADIJAH PALEMBANG

Main Article Content

admin
Helsy Desvitasari

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan bermutu merupakan salah satu wujud dari tuntutan masyarakat di era millenial saat ini. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSI Siti Khadijah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif analitik dengan pedekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan bulan 5-26 November 2018 adapun jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 372 orang responden yang sedang melakukan pengobatan di ruang rawat jalan RSI Siti Khadijah Palembang. Uji statistic yang digunakan adalah chi square test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu sebanyak 216 (58,1%) mengatakan pelayanan yang diberikan rumah sakit sudah baik serta merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan yaitu berjumlah 196 (52,7%) responden. Analisa bivariate menunjukkan ada hubungan pelayanan terhadap kepuasan pasien di ruang rawat jalan RSI Siti Khadijah Palembang dengan p value 0,001<0,005. Maka dari itu disarankan kepada RSI Siti Khadijah untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi melalui system informasi manajemen terpadu rumah sakit terkini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andriani, A. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan
Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 2(1), 45-52.
Astuti, P. P. 2017. Hubungan mutu pelayanan keperawatan Dengan kepuasan pasien di rs pku muhammadiyah bantul.
Aida Andriani, SKM, Heru Aditia Putra. 2016. Fakor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Interne Pria dan Wanita RSUD DR. Achmad Mochtar Bukit Tinggi.
Andi Nurhidaya. 2014. Hubungan Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Labuan Baji. [Skripsi]. Makassar : Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar.
Asmuji. 2016. Manajemen Keperawatan: Konsep & Aplikasi. Jogjakarta: AR- RUZZ Media.
Azlika M. Alamri, Adisti A. Rumayar, Febi
K. Kolibu. 2015. Hubungan antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan dangan Kepuasan Pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sitti Maryam Kota Manado. Jurnal. Ilmiah Farmasi – UNSRAT. Vol 4 No. 4; Hal 241 – 251.
Erista Kumalasari. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. PROSIDING HEFA 1st.Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016: Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Maria H. Bakri. 2017. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.
Nursalam. 2016. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. 2016. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.
Nuri Luthfiatil Fitri. 2016. Hubungan Persepsi Pasien pada Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Paviliun RSUD Jend. Ahmad Yani Metro. Wacana Kesehatan. Vol.1, No. 1 – 49.
Purwanto. 2017. Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD. Tugu Rejo Semarang. Jurnal. Ilmiah Ners.
Roymond H. Simamora. 2018. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta: EGC.
Siwi, A. R., Supandi, A. S., & Loindong, S.
S. 2017. Pengaruh Servicescape dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Rawat Jalan pada Rumah Sakit Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).