PEMBERIAN KARTU FLASH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK AZHARIYAH 12 ULU PALEMBANG

Main Article Content

admin
Asih Fatriansari

Abstract

Kemampuan anak dalam membaca merupakan salah satu tugas utama dalam tahapan perkembangan anak, khususnya pada tahap perkembangan bahasa dan kognitifnya. Kemampuan membaca pada usia dini (5 – 6 tahun) yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengenal huruf. Pendekatan dalam rangka menstimulasi percepatan perkembangan kemampuan membaca anak sangat diperlukan, dikarenakan jika anak mengalami kesulitan atau keterlambatan pada perkembangan ini akan berakibat pada kesulitannya dalam mempelajari pelajaran pada tahap usia berikutnya (usia sekolah). Salah satu stimulus yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kartu flash. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektiftas pemberian kartu flash terhadap kemampuan membaca anak di TK Azhariyah 12 Ulu Palembang. Penelitian ini menggunakan desain studi analisis kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa TK Azhariyah 12 Ulu Palembang, dengan total sampling sebagai teknik yang diambil untuk penarikan sampelnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemampuan membaca anak. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 4 – 9 November 2019, dengan jumlah responden sebanyak 30 responden. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired sampel T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu flash efektif dalam peningkatan kemampuan membaca anak di TK Azhariyah 12 Ulu Palembang (p = 0.000). Kartu flash sebagai media pembelajaran alternatif dalam rangka menstimulasi kemampuan membaca anak pada tingkat Taman Kanak-kanak.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anis Fadillah Nindyawati. 2016. Media Flashcard Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Perrriulaan Anak. Jumal. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo. Jakarta Persada.

Delrefi ,D, Sumarsih & Dwi Nainggolan. 2017. Pengaruh Metode Fernald Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Di Paud Mekar Sari Penarik Muko-Muko. (Jumal, Vol. 2, No.I: 2017) Penarik MukoMuko : FKIP UNIB.

Mochamad Heri dan PutuAgus Ariana. 2018. Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di TPA Yayasan Pantisila Paud Santo Rafael Singaraja. (Jumal. Vol 3, No. 2: 2018).

Nuri Farida Astuti. 2018. Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B TK Pertiwi 01 Girilayu. Jurnal. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.