KONSELING PADA IBU TENTANG IMUNISASI DPT

Main Article Content

admin
Yoan Marini

Abstract

Imunisasi DPT adalah suatu vaksin yang melindungi terhadap difteri, pertusis dan tetanus. Difteri desebabkan bakteri yang menyerang tenggorokan dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius dan   fatal .Penyakit ini mudah menular melalui batuk atau bersin. Pengetahuan ibu terhadap imunisasi merupakan faktor yang sangat penting, agar ibu dapat cepat tanggap dan tahu apa yang harus dilakukan ketika timbul efeksamping pada anaknya untuk mendapatkan cakupan kelengkapan imunisasi. TujuanPenelitian untuk mendeskripsikan semua teori-teori maupun jurnal yang berkaitan dengan konseling terhadap pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT. Desain peneliti ini menggunakan studi literatur atau review. Sumber data penelitian ini menggunakan data sekunder yang di dapat dengan melakukan studi pustaka dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik penelitian sebanyak 10 jurnal dan 2 buku. Hasil dan pembahasan berdasarkan  hasil studi literatur yang didapatkan ada manfaat dan pengaruh konseling terhadap pengetahuan ibu tentang imunisasi DPT. Berdasarkan hasil yang dominan yaitu dimana pengetahuan sangat berperan penting agar ibu tau tentang apa itu imunisasi DPT dan mau mengajak anaknya untuk imunsasi. Dapat disimpulkan bahwa selama ini para ibu kurang mendapatkan informasi yang lengkap tentang imunisasi khususnya DPT, sehingga pengetahuan mereka tentang imunisasi DPT banyak yang kurang mengerti dari hasil literatur review dari 10 jurnal yang menyatakan hal yang sama bahwa konseling berpengaruh terhadap pengetahuan ibu. Saran untuk peneliti selanjutnya agar hasil peneliti dapat dijadikan sebagai landasan dalam upaya menindaklanjuti hasil penelitian yang ada kearah penelitian yang luas.

Article Details

Section
Articles

References

Aprilia, Riska, dkk. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Tentang Imunisasi Difteri Pada Anak Balita Di Desa Jatiwates Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Jurnal Keperawatan. 2018.

Atika PD, Eryati D, Edison. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi di Kelurahan Parupuk Tabing Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang Tahun 2013. JKA. 2014.

Azzahra, Margareta Fatimah dan Lailatul Muniroh. Pengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemberian MP-ASI. Media Gizi Indonesia. 2015.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Dewi, Vivian Nanny Lia. 2017. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Salemba Medika.

Global and Regional Immunization Profile. 2018. Percentage of target population vaccinated. UNICEF.

Gusti, Dalina. Pengaruh Promosi KEsehatan Menggunakan Metode Konseling Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Imunisasi Dasar Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. Menara Ilmu. 2017.

Hadianti, Dian Nur, dkk. 2014. Buku Ajar Imunisasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Ike AY, Devi K, Oktarina. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Efek Samping Imunisasi DPT Combo Dengan Kejadian Demam Pada Bayi Usia 2-12 Bulan di BPS Yulianti Amd.keb KElurahan Talang TEluk Betung Selatan Bandar Lampung Tahun 2015. Jurnal Kebidanan. 2015.

Isnanianti FA dan Corie IP. Faktor Berhubungan Dengan Kasus Difteri Anak Di Puskesmas Bangkalan Tahun 2016. Jurnal Berkala Epidemiologi. 2017.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Cakupan Imunisasi Dasar Pada Bayi Menurut Provinsi. Jakarta.

Krisdiana W, Vina AA, Aulia F. 2016. Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.
Marimbi, Hanum. 2010. Tumbuh Kembang, Status Gizi, dan Imunisasi Dasar Pada Balita. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mastiningsih, Putu. 2018. Buku Ajar Imunisasi Dasar. Bandung: In Media.

Melisa CK, Sefti R, Yolanda B. Hubungan Pemberian Imunisasi Dasar Dengan Tumbuh Kembang Pada BAyi (0-1 tahun) di Puskesmas Kembes Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa. 2019. JAK. 2019.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Profil Kesehatan RI. 2018. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Risya RH, Tuhu P, Aryani P. Gambaran Pengetahuan dan Motivasi Ibu Tentang Pemberian Imunisasi DPT Lanjutan (Booster) Di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi. JAK. 2019.

Rukiyah, Ai Yeyeh dan Lia Yulianti. 2012. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta: Trans Info Media.

Rustawan, Uus. 2019. Teknik Penulisan Tugas Akhir Dan Skripsi Pemrograman. Jakarta : PT Gramedia.

Safitri. Penyuluhan Tentang Pentingnya Imunisasi Pada Bayi Di Posyandu Kasih Ibu Di Desa Pelawan Kecamatan Pelawan Kabupaten Sarolangun. JAK. 2019.

Sekar PK. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Orang tua Dalam Pencegahan Difteri Di Desa Walitelon Utara Temanggung. 2019.

Siti HS, Fenti DP, Ichayuen A. Gambaran Pengetahuan Orangtua, Dukungan Keluarga, Dan Status Imunisasi Terhadap Kejadian Difteri Pada Balita Di Wilayah Puskesmas Cileungsi Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. 2019.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Survei Demografi Dan Kesehatan. 2017. Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap. Jakarta.

Yulifah, Rita dan Tri JAY. 2015. Komunikasi Dalam Praktik Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.