PENGARUH KOMBINASI METODE ZILGREI DAN ENDORPHIN MASSAGE TERHADAP LAMA KALA I FASE AKTIF

Main Article Content

admin
Sagita Darma Sari
Erin Octaviany

Abstract

 


Metode zilgrei terdiri atas latihan pernafasan, gerakan maupun posisi yang dapat membuat otot panggul menjadi selaras dan persalinan dapat berjalan lancar Endorphin massage merupakan sebuah terapi sentuhan/ pijatan ringan yang diberikan pada wanita hamil saat menjelang persalinan. Hal ini dilakukan karena pijatan merangsang tubuh untuk melepaskan senyawa endorphin yang merupakan pereda rasa sakit dan dapat menciptakan perasaan nyaman. Apabila metode zilgrei dan endorphin massage dikombinasikan menjadi suatu metode yang menggabungkan gerakan, perubahan posisi, latihan pernapasan, dan pijatan ringan yang dipersiapkan sejak kala I persalinan diharapkan kerja otot-otot panggul yang saling berkaitan menjadi selaras sehingga mulut rahim tidak kaku, dan adanya potensi otot-otot rahim untuk mendorong janin menuju jalan lahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kombinasi Metode Zilgrei dan Endorphin Massage Terhadap Lama Kala I Fase Aktif Pada Ibu Inpartu. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan penelitian Postest Only With Control Group Design. Hasil peneletian didapatkan Hasil uji T-Test secara komputerisasi didapatkan nilai P Value 0.003 < α (0,05) berarti Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang bermakna antara kombinasi metode zilgrei dan endorphin massage terhadap lama kala I fase aktif pada ibu inpartu primigravida di BPM Choirul Mala dan BPM Fauziah Hatta. Jumlah rata-rata lama kala I fase aktif pada ibu bersalin pada kelompok perlakuan yaitu 183 menit (3 jam 3 menit). Jumlah rata-rata lama kala I fase aktif pada ibu bersalin pada kelompok kontrol yaitu 255.70 menit (4 jam 15 menit).

Article Details

Section
Articles

References

1. Aprillia. 2011. Siapa Bilang Melahirkan Itu Sakit. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
2. Endang, Nurasih dan Rizki. 2013. Pengaruh Kombinasi Metode Zilgrei dan Endorphin Massage Pada Ibu Inpartu Primigravida Terhadap Lamanya Kala I. Jurnal CARE, Vol. 2, No.2. 2014.
3. Kuswandi. 2011. Kehamilan dan Persalinan dengan Hipnobrithing. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
4. Insaffita. 2007. Pengaruh Massage Punggung Terhadap Nyeri Primigravida Kala I Persalinan Fisiologis. Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang.
5. Manuaba. 2010. Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan dan KB untuk Pendidikan Bidan. Jakarta : EGC.
6. Suprapti. 2006. Pengaruh Metode Zilgrei Terhadap Durasi Persalinan Kala II pada Ibu Inpartu.KTI. Poltekes Malang.
7. Yuliatun. 2008. Penanganan Nyeri Persalinan Dengan Metode Nonfarmakologi. Malang : Bayumedia Publishing.