HUBUNGAN ANTARA MINAT MASUK JURUSAN D III KEBIDANAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR

Main Article Content

admin
Laras Miftahul Janaty
Faulia Mauluddina

Abstract

Menurut data Kementrian Pendidikan Nasional, Jumlah perguruan tinggi  yang berada dibawah  binaan Kementrian Kesehatan dan Kemendiknas terdapat 729 perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Studi Kebidanan. Minat adalah memahami keinginan dan kecenderungan yang betul-betul dapat terjangkau. Motivasi merupakann dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajarPrestasi belajar ialah hasil belajar berdasarkan perbedaan tingkah laku sebelum dan sesudah belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Antara Minat Masuk Jurusan D III Kebidanan dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian cross sectional. Populasinya semua mahasiswa semester IV program studi D III Kebidanan di Stikes Mitra Adiguna Palembang. Sampel penelitian seluruh mahasiswa semester IV program studi D III Kebidanan di Stikes Mitra Adiguna berjumlah 52 orang. Ada hubungan antara minat masuk jurusan dengan prestasi belajar mahasiswa dengan (p value = 0,002). Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan(pvalue = 0, 013). Minat masuk jurusan dan motivasi belajar merupakan faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stikes Mitra Adiguna Palembang Tahun 2019.  Dengan adanya minat dan motivasi belajar yang tinggi akan membuat mahasiswa mendapatkan hasil belajar yang baik.

Article Details

Section
Articles

References

Ariyanti, Ita. 2010. Pengaruh Minat dan Motivasi belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang sistem pendidikan nasional. Jakarta.
Dimyati, Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Hidayat. 2010. Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Jakarta : Health Book
IBI dan AIPKIND. 2012. Peran Bidan. Jakarta
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Jumlah Perguruan Tinggi Kesehatan. Jakarta : Kemendiknas RI
Keputusan Menteri Kesehatan RI NO. 369/MENKES/SK/III/2007. 2007. Tentang Standar Profesi Bidan. Jakarta : Kemenkes RI
Kurniawati, Dwi Riska. 2013. “Hubungan Minat Menjadi Bidan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV STIKES AISYIAH YOGYAKARTA”. Yogyakarta.
Lataima, Agustina. 2014. “Hubungan Minat Dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan 2A Semester II Di STIKES AISYIAH YOGYAKARTA”. Yogyakarta..
Muhibbin, Syah. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Notoatmodjo, Soekidjo, Dr, Prof. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Oemar, Hamalik. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Pratiwi, Arantika Meidya. 2014. “Hubungan Minat Masuk Program Studi DIII Kebidanan Dan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa”. Surakarta.
Pusdiknakes. 2013. Prestasi Belajar Mahasiswa.
Sadirman. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Setiyaningsih, Atik. 2013. “Hubungan Antara Minat Masuk Jurusan DIII Kebidanan Dan Motivasi Belajar Dengan Prstasi Belajar Mahasiswa”. Boyolali.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.