DUKUNGAN SUAMI UNTUK MELAKSANAKAN PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) (STUDI LITERATUR)

Main Article Content

admin
HalimahTusyadiah
Rohani

Abstract

Dukungan keluarga atau orang terdekat terutama suami kepada ibu hamil untuk mendukung tujuan P4K sangat dibutuhkan. Dalam hal ini suami berperan aktif untuk memotivasi ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya ke tenaga kesehatan untuk mendapatkan pelayanan. Tujuan penelitian ini mengetahui dan membandingkan semua teori-teori dari buku maupun jurnal yang berkaitan dengandukungan suami untuk melaksanakan program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K). Desain penelitian ini adalah menggunakan metode studi literatur.Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dengan melakukan studi literatur dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik penelitian dari tahun 2013-2020 sebanyak 10 jurnal. Berdasarkan hasil literatur review yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa dari hasil literatur review diketahui bahwa dukungan suami kepada ibu hamil terhadap program P4K ini masih kurang, hal ini karena mayoritas suami adalah bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu untuk mengantarkan istrinya periksa kehamilan ke bidan serta kurang memperhatikan kondisi kesehatan istrinya. Sebagian besar ibu hamil dan suami merencanakan persalinannya pada saat mendekati waktu persalinan. Saran diharapkan tenaga kesehatan dapat mengoptimalkan pemberian informasi kepada ibu hamil tentang Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) pada saat ibu hamil memeriksakan kehamilannya dan dilakukan secara rutin sehingga ibu hamil akan selalu mengingatnya.

Article Details

Section
Articles

References

Aulia. 2019. Pemberian informasi terhadap pengetahuan ibu hamil tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.
BPM Soraya. 2020. Jumlah ibu hamil tahun 2017-2018. Palembang
Budiman. 2013. Kapita Selekta Kuesioner. Jakarta : Salemba Medika Delima. 2018.
Dewi. 2013.Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi Di Desa Pagedangan.
Dinkes Kota Palembang. 2018. Profil Kesehatan Kota Palembang.http://www.dinkes.kotapalembang.go.id, diakses 3 Februari 2020.
Dinkes Provinsi Sumatera Selatan. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.http://www.dinkes.prov.sumse.go.id, diakses 3 Februari 2020.
Hanum. 2017. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi Dengan Pemilihan Tempat Persalinan.
Jannah. 2017. Peran Suami Dalam Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Sedayu II Bantulyogyakarta. Jurnal STIKES Achmad Yani Yogyakarta.
Kamidah. 2018. Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Sebagai Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu. Jurnal STIKES Aisyiyah Surakarta.
Kemenkes. 2015. Pedoman Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Stiker.
Khairunisa. 2019. Gambaran Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan Pemilihan Penolong Persalinan di Puskesmas.
Lestari, Nur Sri. 2015. Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) di RB AN Nuur Surakarta. Jurnal STIKES Kusuma Husada Surakarta.
Melati. 2012. Hubungan Dukungan Sosial Suami Dengan Motivasi Dalam Menjaga Kesehatan Selama Kehamilan di Pekanbaru.
Notoatmodjo. 2018. Metode penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurrizka. 2018. Disparitas Kematian Maternal di Indonesia : Studi Ekologi dengan Analisis Spasial. Jurnal. MKMI Vol.14 No.2 Juni 2018.
Pramasanthi. 2016. Hubungan pengetahuan ibu hamil dan dukungan suami dengan kepatuhan melaksanakan program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) di Kota Salatiga. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret.
Riani. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dan Dukungan Suami Dengan Kepatuhan Melaksanakan Program Perencanaan Persalinan Dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Di Kota Salatiga. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Sari, Afsah Novita. 2016. Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Angka Kematian Ibu di Jawa Timur. Jurnal Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum.
Sibagariang. 2016. Kesehatan Reproduksi Wanita Edisi Revisi . Yogyakarta : PT. Pustaka Baru
Walyani, Elisabeth Siwi. 2008. Asuhan Kebidanan pada Kehamilan. Yogyakarta : PT. Pustaka Baru
Yasril. 2019. Faktor Yang Berhubungan Tentang P4K dengan Kesiapan Persalinan Di Kelurahan Parupuk Tabing.