PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA E-BOOKLET TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA OLAHRAGA TERHADAP TINGKATPENGETAHUAN REMAJA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Oscar Ari Wiryansyah
Risti Nur Janah

Abstrak

Cedera olahraga adalah rasa sakit yang di sebabkan oleh olahraga yang dapat menyebabkan cacat, luka, atau kerusakan pada otot atau sendi serta bagian lain dari tubuh. Jika tidak di tangani dengan cepat dan benar,cedera olahraga juga dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari maupun olahraga yang bersangkutan. dengan adanya pendidikan kesehatan media e-booklet ini penting bagi siswa untuk mencegah agar tidak semakin parah apabila mengalami cedera olahraga.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui”pengaruh pendidikan kesehatan Media E?booklet tentang Pertolongan Pertama Cedera Olahraga terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja”. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan rancangan one grup pre post test design.Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi SMK Telenika Palembang yang berjumlah 51 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar kuesioner.analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata pengetahuan remaja sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan sekitar 25,05%.Berdasarkan analisis statistik, perubahan ini memiliki p-value sebesar 0,000 yang menunjukkan perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, e-booklet terbukti berpengaruh untuk meningkatan pengetahuan remaja tentang pertolongan pertama cedera olahraga.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

  1. Abyan, F., & Rohana, H. (2022). metodologi penelitian kuantitatif ( iskandaar ahmaddie (ed.)).
  2. Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., Munthe, S. A., Hulu, V. T., Budiastutok, I., Faridi, A., Ramdany, R., Fitriani, R. J., Tania, P. O. A., Rahmiati, B. F., Lusiana, S. D., Susilawaty.Andi, Sianturi, E., & Suryana. (2021). metodologi penelitian kesehatan (Watrianthos & Simarmata (ed.)).
  3. Advernesia. (2019). Cara Uji Normalitas SPSS Shapiro-Wilk dan Kolmogorov-Smirnov. https://www.advernesia.com/blog/spss/cara-uji-normalitas-spss-shapiro-wilk-dan-kolmogorov-smirnov/
  4. Aliftitah, S., Oktavianisya, N., Kesehatan, I., & Wiraraja, U. (2023). Peningkatan Pengetahuan Melalui Pelatihan Pertolongan Pertama pada Cedera di Sekolah dengan Metode Peer Teaching. 1, 1–9.
  5. Ananda, R. A., & Sugiyono, V. A. (2022). Pengembangan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Segi Banyak. 9, 254–264.
  6. Anderson,B.(2023).Pengenalan singkat tentang analisis bivariat.https://statorials.org/id/analisis-bivariat/
  7. Antonino, C. (2022). Pertolongan pertama: definisi, makna, simbol, tujuan, protokol internasional. https://www.emergency-live.com/id/kesehatan-dan-keselamatan/definisi-pertolongan-pertama-yang-berarti-simbol-tujuan-protokol-internasional/
  8. Arioen, R., Hi Ahmaludin, M., JunaidiSE MM Ir Indriyani, Sa. M., & Dra Wisnaningsih, Ms. S. (2023). Buku Ajar Metodologi Penelitian Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. 1–83. eurekamediaaksara@gmail.com
  9. Barito, M., Kalimantan, S., Ilmu, F., & Universitas, K. (2022). Pengetahuan Cedera Olahraga pada Siswa MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah Martua Pasaribu?; Irvan?; Atmam Amir. 4(1), 145–152.
  10. Cahyadi, A., Sari, S., & Sabransyah, M. (2021). PENGEMBANGAN MODEL PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA SPRAIN ANKLE PADA OLAHRAGA SEPAKTAKRAW.57–66. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i1.2361
  11. Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. A. (2019). Pengetahuan?; Artikel Review. Jurnal Keperawatan, 12(1), 97.
  12. Dewi, S. U., & Putri, D. A. (2024). Pelaksanaan pendidikan kesehatan mengenai bahya keputihan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pada remaja putri: studi kasus. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 2(5), 2245–2254.
  13. Fahrizandi. (2019). Mengenal E-Book di Perpustakaan. 3(23), 141–157.
  14. Fauziyyah, A. N., Mustakim, M., & Sofiany, I. R. (2021). Pola Makan dan Kebiasaan Olahraga Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia, 2(2),115–122. https://doi.org/10.15294/jppkmi.v2i2.51971
  15. Festiawan, R. (2021). Terapi dan Rehabilitasi Cedera Olahraga Abstrak. January. https://doi.org/10.31219/osf.io/gzcr3
  16. Hanief, Y. N., Firmansyah, A., Erdilanita, U., & Purwadi, D. A. (2024). Edukasi pertolongan pertama pada cedera olahraga bagi orang tua dan atlet sepak bola di Batu Football Academy ( BAFA ). 1(1), 8–13.
  17. Harta, L. I., & Fata, R. N. (2022). Terapi Pasca Cidera Olahraga. 2(06), 866–873. https://doi.org/10.36418/comserva.v2i6.527
  18. Haryani, W., & Setyobroto, I. (2022). Etika Penelitian. In T. Purnama (Ed.), Berkala Arkeologi (Vol. 25, Issue 1). https://doi.org/10.30883/jba.v25i1.906
  19. Hasanah, L. N., Haerudin, K., Arghaheni, N. B., & Pangariban, S. M. (2022). pendidikan dan promosi kesehatan ( abdul karim (ed.); yayasan ki).
  20. Heryana, A. (2019). kerangka teori,konsep, dan definisi operasional.
  21. Hibatullah, Asmawati, L. (2019). PENGARUH BOOKLET PERTOLONGAN PERTAMA CIDERA PERAWATAN CIDERA OLAHRAGA PADA SISWA SMPN 07 KOTA BENGKULU DISUSUN OLEH?: FATIH HIBATULLAH JURUSAN KEPERAWATAN. 8.
  22. Hutapea, P. R. (2023). Pertolongan Pertama Luka pada Anak. 7, 31230–31235.
  23. Ilham, Z., Adila, F., Ittaqwa, Muhibibi, M., Saputro, D. P., & Rahmatulloh, M. I. (2023). penanganan cedera pada olahraga ( berliananda rmadhania (ed.); cipta medi).
  24. J Pricylla, bella. (2024). Pertolongan Pertama Kram Otot Di Rumah. Kamis, 12 September. https://flexfreeclinic.com/artikel/detail?id=1002&title=pertolongan-pertama-kram-otot-di-rumah
  25. Juliansyah, R. R., Abidin, D., & Mamesah, E. D. (2022). Sosialisasi Tentang Penanganan Pertama Pada Cedera Olahraga Di Kelurahan Uwung Jaya. An-Nizam, 1(1), 24–29. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v1i1.4328
  26. Kasimbara, R. P., Putra, R. P., Pratiwi, P. R., Sari, T. E., & Imani, K. T. (2024). Edukasi Latihan Penguatan Otot untuk Mencegah Risiko Cedera Ankle pada Komunitas Remaja Klub Erlangga Futsal Akademi. PUNDIMAS: Publikasi Kegiatan Abdimas, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37010/pnd.v3i1.1424
  27. Kemenkes. (2022a). Jenis dan Fase Penyembuhan Luka. Rabu,21 Desember 22.18.https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1969/jenis-dan-fase-penyembuhan-luka
  28. Kemenkes.(2022b).luka lecet. 02 AGUSTUS 2022.https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/873/luka-lecet
  29. Kemenkes. (2024). Mencegah dan Mengatasi Cedera Olahraga. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3247/mencegah-dan-mengatasi-cedera-olahraga
  30. Lestari, W. (2021). Jurnal sains kebidanan. 3(2), 57–66.
  31. Murtadho, S. M., Hidayat, W., Abidin, D., & Ridlo, A. F. (2023). Sosialisasi Penanganan Dan Pencegahan Cedera Dalam Olahraga. An-Nizam, 2(1), 84–90. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v2i1.6576
  32. Mustafa, pinton setya. (2022). pertolongan pertama pencegahan dan perawatan cedera olahraga (Issue 112).
  33. Nakmofa, A. L., & Ambarika, R. (2023). Kajian Literature Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Perawat IGD Dalam Penanganan Pasien Cedera Kepala. 3(3), 118–125.
  34. Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/menssana.06012021.13
  35. Nugroho, W., & Ahmad, syafrudin l. (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Penanganan Pertolongan Pertama Siswa SMAN 1 Kota Ternate. AKSARA?: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 253–260. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
  36. Nuraini,khadijah, saleha. (2023). Dokumentasi pelaksanaan tradisi hajat laut pada media e-booklet dalam upaya pelestarian budaya lokasl kabupaten pengandaran. 10(1).
  37. Nurul Huda, Zuhroidah, I., Toha, M., & Sujarwadi, M. (2021). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Pada Guru Pembina Dan Anggota Pmr. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2615–0921), 323–328. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i2.3746
  38. Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). metode penelitian kuantitatif.
  39. Pasek, M. M., Gede Budi Widiarta, & G.Nur Widya Putra. (2022). Sosialisasi Tindakan Pertolongan Pertama Pada Kasus Cedera Olahraga (Sport Medicine) Para Pemain Sepak Bola di Desa Kubutambahan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa,1(2),63–68. https://doi.org/10.55927/jpmf.v1i2.563
  40. Ph.D. Ummul Aiman, S. P. D. K. A. S. H. M. A. Ciq. M. J. M. P., Suryadin Hasda, M. P. Z. F., M.Kes. Masita, M. P. I. N. T. S. K., & M.Pd. Meilida Eka Sari, M. P. M. K. N. A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In N. Saputra (Ed.), Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. yayasan penerbit Muhammad Zaini Anggota IKPI(026/dia/2012).
  41. Pribadi, H. P., Sugiarto, D., Abdullah, A., & Yunus, M. (2024). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Organik dan PNS Politeknik Angkatan Darat dalam Penanganan Cedera Olahraga. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2),262–271. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i2.5953
  42. Priyono. (2024). Perbedaan Uji T Sampel Berpasangan dan Uji Wilcoxon. https://www.priyono.id/2024/02/perbedaan-uji-t-sampel-berpasangan-dan-uji-wilcoxon.html
  43. Probosari, N., & Siswanti, Y. (2017). manajemen pengetahuan?:pendekatan konsep dan aplikasi riset.
  44. Puspitasari, N. (2019). Faktor Kondisi Fisik Terhadap Resiko Cedera Olahraga Pada Permainan Sepakbola. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 3(1), 54–71. https://doi.org/10.33660/jfrwhs.v3i1.34
  45. Rahaman, W., Martin, W., & Ramadhan, R. (2023). Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang Risiko Cedera Kepala Terhadap Sikap Remaja Dalam Menggunakan Helm. Ensiklopedia Education Review PENGARUH, 5(3), 349–352.
  46. Rhozana, T. V. (2022). pengaruh pendidikan kesehatan tentang pertolongan pertama cedera olahraga dengan metode demonstrasi terhadap pengetahuan siswa SMKN 1 kebonsari Madiun. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).
  47. Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
  48. Rusida, E. R., Ramadhani, S., & Akbar, D. O. (2021). hubungan pengetahuan terhadap perilaku penggunaan suplemen dan obat herbal dalam mencegah penularan covid 19 di banjarbaru selatan. 6(2), 292–300.
  49. Sakti, B. P., Purnanto, N. T., & Sulistiyarini. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Metode Rice Pada Ankle Sprain Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Remaja Laki-Laki Di Purwodadi. TSCD3Kep Journal, 6(1), 42–53.
  50. Saparwadi, L. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Bekerja Dengan Tidak Bekerja Pada Analisis Data Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 20–24. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1405
  51. Setyaningrum, D. A. W. (2019). Cedera olahraga serta penyakit terkait olahraga. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan,2(1),39–44. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2019.v2.39-44
  52. Setyawan, D. A. (2022). Buku Ajar Statistika Kesehatan Analisis Bivariat Pada Hipotesis Penelitian. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2, Issue February).
  53. Siane, M., & Erna, O. (2023). Olahraga bagi siswa dan guru sekolah dasar di Sd Ypk Sion Padang bulan Kota Jayapura. Olahraga Bagi Siswa Dan Guru Sekolah Dasar Di Sd Ypk Sion Padang Bulan Kota Jayapura, 4(4).
  54. Sucipto, A., Puspaningtyas, D. E., Afriani, Y., & Sari, S. P. (2022). Pengetahuan dan Penanganan Cidera Olahraga Atlet PS Sleman Development Center Melalui Edukasi Online. 5(2), 85–94.
  55. sudarmo, krishna mahendra. (2019). pertolongan pertama untuk korban luka tusuk.10 Okt.https://www.klikdokter.com/info-sehat/berita-kesehatan/pertolongan-pertama-untuk-korban-luka-tusuk-seperti-wiranto?
  56. Sukenda, I. K., & Atmaja, I. K. S. (2019). instrument penelitian. In T. Fiktorius (Ed.),Crafty Oligarchs, Savvy Voters. Mahameru Press. https://doi.org/10.1017/9781108694247.012
  57. Sulistyana, C. S., & Fauzi, A. (2023). Edukasi dan Demonstrasi Rawat Luka Penanganan Cedera kepada Anak Usia Sekolah Menengah di SMA Kristen YBPK 1 Surabaya. Jurnal Inovasi, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), e1224. https://doi.org/10.36990/jippm.v3i2.1224
  58. Suprawesta, L. (2024). Hubungan penanganan cedera olahraga dan kondisi saat kembali berolahraga pasca cedera pada remaja. 2(1).
  59. Susila, W. D. C., Maria, O. C., Qomariah, S. N., & Suroso, H. (2024). Pemberdayaan remaja melalui program genre-smart (. 2(April).
  60. Tikna, Y. M., & Pratama, H. G. (2021). Jurnal Ilmu Olahraga Pengembangan Media Buku Saku Penanganan Cedera Dan Macam-Macam Cedera Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Putra SMAN 1 Gondang. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 2(2), 157–163. file:///C:/Users/user/Downloads/120-Article Text-488-1-10-20210712.pdf
  61. Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
  62. Ulya. (2024). Rumus slovin:pengertian,notasi,kelemahan contoh soal dan pembahasan. 20 September 2024. https://gurubelajarku.com/rumus-slovin/
  63. Utami, L. S., & Musyarofah, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama Cedera Hamstring Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pada Anggota Futsal Desa Kalisalak. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(2), 251–260.
  64. Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
  65. Wajdi, F., Seplyana, D., Juliastuti, Rumahlewang, E., Fatchiatuzahro, Halisa, N. N., Rusmalinda, S., Kristiana, R., Niam, M. F., Purwanti, E. W., Melinasari, S., & Kusumaningrum, R. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
  66. WHO. (2022). peningkatan pengetahuan dan keterampilan organik dan pns politeknik angkatan darat dalam penanganan cedera. 9(2), 262–271.
  67. Wiryansyah, O. A., & Musdiana, E. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup Dasar Dengan Media Audiovisual Terhadap Pengetahuan Siswa. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 3920–3929.
  68. Wulandari, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Dalam Upaya Menerapkan Protokol Kesehatan Pada Pedagang Di Car Free Day Temanggung. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6–15.
  69. Yulia, L., & Setianingsih, W. (2020). Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian Pada Umkm Produksi Mebel Di Babakan Muncang Tamansari Kota Tasikmalaya). Jurnal Maneksi, 9(1), 346–354. https://doi.org/10.31959/jm.v9i1.397
  70. Yunanto, D. (2024). DEDIKASI SAINTEK: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(2), 185–198.
  71. Yuvalianda. (2020). Analisis Univariat: Pengertian, Manfaat, Hingga Contoh Lengkap. https://yuvalianda.com/analisis-univariat/