PENGARUH EDUKASI MANAJEMEN HIPERTENSI BERBASIS BOOKLET TERHADAP PENGETAHUAN LANSIA PENDERITA HIPERTENSI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

R.A Fadila
Syafariza

Abstrak

Hipertensi dikenal sebagai The Silent Killer karena sering terjadi tanpa gejala sehingga banyak penderita tidak menyadarinya hingga muncul komplikasi. Edukasi menggunakan media booklet dapat meningkatkan kepatuhan lansia dalam merawat diri serta mendorong perubahan gaya hidup sehat guna mencegah komplikasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi manajemen hipertensi berbasis booklet terhadap pengetahuan lansia. Menggunakan desain one group pre-test and post-test, penelitian melibatkan 30 responden. Hasil menunjukkan peningkatan rata-rata pengetahuan dari 12,30 menjadi 13,32, dengan p-value 0,001 (<0,05), yang berarti edukasi booklet berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pengetahuan lansia. Temuan ini diharapkan menjadi acuan bagi petugas kesehatan dalam memberikan edukasi tentang manajemen hipertensi kepada lansia secara lebih efektif.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

  1. Ibrahim, I., Sari, D., & Nugroho, H. (2019). Peningkatan Pengetahuan Lansia Tentang Pengelolaan Hipertensi dengan Media Edukasi Buku Panduan (Booklet). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(2), 145-152.
  2. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
  3. Kurniasari, A., Astutik, E., & Rahayu, D. (2022). Pengaruh Edukasi Booklet terhadap Pengetahuan Pasien Hipertensi di Puskesmas Sukun. Jurnal Keperawatan, 10(2), 112–119.
  4. Lestari, N. W., Putri, D. A., & Yuliana, Y. (2021). Edukasi Menggunakan Media Booklet untuk Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal Promkes, 9(1), 50–56
  5. Marlina, S., & Fauzi, R. (2018). Dukungan Sosial dalam Pengelolaan Hipertensi pada Lansia di Kota X. Jurnal Keperawatan Komunitas, 20(1), 10-18.
  6. Novak, J. D., & Cañas, A. J. (2018). Theoretical origins of concept maps, how to construct them, and uses in education. Reflecting Education, 3(1), 29–42.
  7. Nugraheni, A., Suharyo, M., & Yulianto, S. (2020). Analisis Pengetahuan Lansia Tentang Hipertensi dan Penerapan Manajemen Mandiri Kesehatan di Posyandu Lansia. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 28(3), 75-81.
  8. Nugroho, W. A. (2017). Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.
  9. Rosenstock, I. M., Strecher, V. J., & Becker, M. H. (2018). Social learning theory and the Health Belief Model. Health Education Quarterly, 15(2), 175–183.
  10. Rosenstock, I. M. (2018). The Health Belief Model and Preventive Health Behavior. Health Education Monographs, 2(4), 354-386.
  11. Sari, S. P., Wulandari, D., & Andriyani, D. (2021). Efektivitas Edukasi Hipertensi Berbasis Media Booklet terhadap Pengetahuan Lansia di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Penelitian Kesehatan, 23(4), 211-217.
  12. World Health Organization. (2020). Hypertension: A Silent Killer. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension
  13. World Health Organization. (2023). Hypertension. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension