PEMAHAMAN METODE PENELITIAN BERBASIS EVIDENCE BASED PRACTICE IN NURSING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstrak
Evidence-based Practice In nursing merupakan metode yang digunakan untuk mengabungkan antara hasil hasil penelitian dengan pengalaman klinik dan nilai – nilai yang dipercayai oleh pasien dan kelurganya dalam tindakan keperawatan yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dari asuhan keperawatan bagi pasien. Mahasiswa hendaknya juga mampu hendaknya mengaplikasikan dan memiliki pengetahuan yang baik tentang konsep Evidence-based Practice In nursing dalam memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif, guna mempercepat proses penyembuahn pasien. Tujuannya untuk mengetahui Pemahaman metode penelitian berbasis evidence based practice in nursing pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian survey deskriptif. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023 dan sampel pada penelitian adalah mahasiswa profesi ners di salah satu pendidikan kesehatan di kota palembang, dengan jumlah sampel 41 mahasiswa aktif yang dinas di Rumah sakit . hasil penelitian menujukan bahwa pemahaman mahasiswa tentang Evidence-based Practice In nursing dengan kategorik baik sebanyak 2 orang (5%), cukup 17 orang (42 %) dan kurang 22 orang (51 %). Kesimpulan , hasil menujukan perlu adanya pendampingan dan pelatihan khusus dan intens kepada mahasiswa agar mahasiswa memahami tentang Evidence-based Practice In nursing. Saran intitusi pendidikan kesehatan memberikan pendampingan yang intensif kepada mhasiswa yang tingkat akhir untuk menerapakan Evidence-based Practice In nursing.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
Referensi
- AIPNI, 2022. Panduan Karya Ilmiah akhir Tahap Profesi. AIPNI, Jakarta.
- Fika Anjany Husaini, Fitroh Asriyadi, 2020. Studi Korelasi Sikap dan Kesiapan Penerapan Evidence- Based Practice pada Mahasiswa Profesi Ners UMKT Tahun 2019. Borneo Student Research 2, 78–84.
- Hasniatisari Harun, Yusshy Kurnia Herlian, Anita Setyawati, 2019. Pengetahuan, sikap dan kesiapan mahasiswa program profesi ners dalam penerapan evidence based Practice. Jurnal Perawat Indonesia, 3, 117–122.
- Hasniatisari Harun, Yusshy Kurnia Herliani, Anita Setyawati, 2018. Hubungan pengetahuan terhadap kompetensi mahasiwa profesi ners dalam penerapan evidence based practice. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan 14, 35–40.
- Horntvedt, M.-E.T.,Nordsteien, A., Fermann, T.,Severinsson,E., 2018. Strategies for teaching evidence-based practice in nursing education: a thematic literature review. BMC Med Educ 18, 172. https://doi.org/10.1186/s12909- 018-1278-z
- Mawarti, H., Simbolon, I., Purnawinadi, I. G., Khotimah, K., Pranata, L.,
- Simbolon, S., ... & Maramis, J. R. (2021). Pengantar Riset Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.
- Oh, S., Park, J., 2023. A Literature Review of Simulation-Based Nursing Education in Korea. Nursing Reports 13, 506–517.https://doi.org/10.3390/nursrep130 10046
- Putri, B. A., Simatupang, B. R., Nanda, C.C. S., Winanti, D. P.H., Mulyantika, D., Ciananda, G. A.,... & Sandrina, W. (2021). Manajemen Keperawatan “Aplikasi Komunikasi Perawat & Kepuasan Kerja”.
- Pranata, L., Fari, N. A. I., Kep, M., Antoni, I. W., Aprillia, P., Dinanti, R., ... & Elvira, E. (2021).
- Manajemen Keperawatan “Kualitas Pelayanan Keperawatan”. LPP Balai Insan Cendekia.
- Rodgers, B.L., Jacelon, C.S., Knafl, K.A., 2018. Concept Analysis and the Advance of Nursing Knowledge: State of the Science: Concept Analysis State of Science. Journal of Nursing Scholarship 50, 451–
- https://doi.org/10.1111/jnu.12386
- Sri Rahayu, Melati Fajarini, 2020. Edukasi, Pelatihan Evidence-Based Practice In Nursing, dan Evaluasi Pelaksanaan 7 (Tujuh) Benar Pemberian Obat. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) 2, 44–49.
- Tias, A. S. A., Musvega, A., Fernandes, A., Gultom, B. E., Aprianti, D.,Pratama, D. S., ... & Nugraheni, T.C. (2021). Manajemen Keperawatan “Pendidikan Keperawatan & Proses Pembelajaran”.
- Titan Ligita, 2012. Pengetahuan, Sikap dan Kesiapan Perawat Klinisi Dalam Implementasi Evidence- Base Practice. Ners Jurnal Keperawatan 8, 83–95.