HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN LANSIA POLI PENYAKIT DALAM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

R.A. Fadila
Endang Sulastri

Abstrak

Kepuasan pasien masih menjadi masalah di beberapa rumah sakit di Indonesia bahkan dunia. Kualitas pelayanan keperawatan sebagai indikator mutu pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan di mata masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien lansia. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan    kerelasi melalui pendekatan cross sectional, menggunakan deskriptik analitik.          Populasinya pasien lansia poli penyakit dalam di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023, jumlah sampel 44 responden. Menentukan responden dengan teknik accidental sampling, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang kemudian   dianalisis uji statistik dengan uji chi square dengan ? = 0,05. Yang mendapatkan mutu pelayanan kurang baik dan kurang puas sebesar 29,5 % dengan jumlah 13 responden. Mutu pelayanan baik dan puas sebesar 45,5 % dengan jumlah 20 responden. Diperoleh ? value sebesar 0,002 dengan tingkat keeratan kuat. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji chi square ? value 0,002 < ? = 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Ada hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien lansia poli penyakit dalam di RSUD Siti Fatimah. Diharapkan mutu pelayanan rumah sakit ditingkatkan lagi terutama di lima indikator mutu agar pasien merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

    Ahmad Nisar R, 2019. Artikel Menentukan Jumlah Sampel dlam Penelitian. Uni-versitas islam Negeri Syekh Ali Ha-san Ahmad Addary Padang si-dimpuan.

    Aida, Andriani, 2017. Hubungan Mutu pe-layanan Kesehatan Dengan Kepua-saan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukit Ting-gi. Jurnal Endurance 2 (1):45

    Akbar. (2013). Gambaran Kepuasan pasien terhadap Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji Makasar.

    Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

    Asmuji. (2013). ManajemenKeperawatan Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

    Ayu Wahyuni. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepeuasan Pasien Rawat jalan Terhadap Kualitas Pe-layanan Kesehatan Di RSU Full Be-thesda Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Institut Kesehatan Helvetia Medan.

    Azwar, Azrul. 2014. Menjaga Mutu Pe-layanan kesehatan. Edisi revisi. Jakar-ta: Pustaka Sinar Harapan.

    Cynthia, S. T. (2018). “Hubungan Mutu Layanan Kesehatan dengan Kepua-san Pasien di Puskesmas Bahu Manado”, Jurnal Kesehatan Masyara-kat, Volume 7, No. 4

    Cahyaningrum, (2012). Pengaruh Mutu Pe-layanan Kesehatan terhadap kepua-san pasien rawat jalan poliklinik umum di RSUD kota Surakarta.

    Fahri DA, Purnawaningsih DF, Sari AN. Kepuasan Pasien Tentang Mutu Pe-layanan di Puskesmas. Pustaka Katu-listiwa. (2020).

    Fridawaty Rivai, et al. (2020). Hubungan Mutu pelayanan dengan kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Ru-mah Sakit Ibnu Sina YW-UMI. Jurnal Media Kesehatan masyarakat In-donesia. Vol 16.

    Handayani, (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. Jurnal PROFESI, Volume 14, Nomor 1.

    Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

    Heti Marlina. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsia Stella Maris Medan. Jurnal Darma Agung Husada.

    Kemenkes RI (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No-mor 9 Tahun 2014.

    Kementerian Kesehatan RI. (2009). Un-dang-undang RI Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

    Notoatmodjo, S. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

    Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta

    Nursalam. (2016). Manajemen Keperawa-tan: Aplikasi Dan Praktek Keperawa-tanProfessional Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.
    Nurul Annisa, (2017). Hubungan Mutu pelayanan Terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah sa-kit TK. IV Madiun. Skripsi. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

    Pohan, Imbalo S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC. Jakarta: EGC

    Sujarweni, V. Wiratna. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

    Tonasih Tonasih, Ucha Indra Gunawan. 2021. Kepuasan Pasien Terhadap Pe-layanan kesehatan di Klinik Pratama. Jurnal Smart Stikes Karya Husada Semarang. Stikesya-hoedsmg.ac.id/ojs/index.php/sjkb/article/view/427
    Triwibowo, T. (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit. Jakarta: Trans Info Media.
    Widayanti, dkk. (2018). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan: Studi Deskriptif pada Klinik UIN Sunan Ampel. Journal of Health Sci-ence and Prevention, Vol.2(1), April 2018 ISSN 2549-919X (online).