KEPUASAN IBU HAMIL TERHADAP PELAYANAN ANC PADA MASA PANDEMI COVID-19

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rohani
Veradilla
Indri Kusyani

Abstrak

Angka kematian ibu di negara-negara Asia Tenggara yaitu Indonesia 214 per 100.000 kelahiran hidup, Filipina 170 per 100.000 kelahiran hidup, Thailand 44 per 100.000 kelahiran hidup, Brunei 60 per 100.000 kelahiran hidup, dan  Malaysia 39 per 100.000 kelahiran hidup. Dalam  memberikan  pelayanan,  Bidan  atau  petugas  harus  menciptakan hubungan yang baik dengan pasien maupun keluarganya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui gambaran kepuasan  ibu hamil  terhadap  pelayanan  ANC  dimasa pandemi covid-19 di Klinik Citra. Metode Penelitian ini  bersifat  analitik  dengan  pendekatan  secara  kuantitatif. Penelitian   ini   menggunakan   metode  deskriptif. Metode  deskriptif adalah menjelaskan gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan anc pada masa pendemi covid-19. Hasil Penelitian ini di dapatkan Distribusi frekuensi pelayanan pendaftaran 8 responden (26,7%) yang puas atas pelayanan pendaftaran. Distribusi frekuensi pelayanan bidan 8 responden (26,7%) yang puas atas pelayanan bidan. Distribusi frekuensi sikap 29 responden (96,7%) yang puas atas sikap bidan. Distribusi frekuensi kelengkapan sarana dan prasarana 26 responden (86,7%) yang puas atas kelengkapan sarana dan prasarana. Saran ini dapat dijadikan masukan bagi petugas kesehatan terutama yang berada di Klinik Citra untuk mengetahui gambaran kepuasan ibu hamil terhadap pelayanan ANC.


Kata Kunci    : Kepuasan Pelayanan ANC, Ibu Hamil, Coronavirus Disease   


Referensi        : (2016-2021)

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Referensi

    Walyani siwi Elisabeth, A. K. (2020). Asuhan KEBIDANAN pada KEHAMILAN. PUSTAKABARUPRESS.
    Wulandari, A. (2018). Skripsi Analisis kepuasan pasien terhadap pengendalian mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit haji makassar. Skripsi, 20–22. http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/MjI2YTdhYmUzNzAzNTlmZTk1M2VjOTg3YzU1NWQ2ZTQ1OTQzZTRkOQ==.pdf