THE RELATIONSHIP OF ONLINE GAME ADDITIONALITY WITH SLEEP QUALITY

Main Article Content

Novita Anggraini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan adiksi game online dengan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Teknik pengambilan data adalah mengunakan total sampling yang dimana semua anggota populasi yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi dapat dijadikan sebagai sampel pada penelitian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan mengunakan menggunakan desain deskritif korelasi.Analisis univariat dalam penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariate dengan mengunakan Kendal tau. Hasil penelitian menunjukkan responden dengan jenis kelamin  perempuan sebanyak 158 (86,8%) sedangkan responden dengan jenis kelamin laki-laki pada penelitian ini sebanyak 24 (13,2%). Mayoritas adiksi game online dengan kategori sedang yaitu sebanyak 163 responden (89,6%), sedangkan mayoritas kualitas tidur pada kategori buruk yaitu sebanyak 123 (67,6%). Terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Musi Charitas dengan uji statistic kendall tau dengan p value=0,000(<0,05) dan untuk nilai r sebesar 0,344 kekuatan hubungan yang lemah dengan arah hubungan yang positif.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

david (2016). (2016). "Perancangan Game Online Android Bergenre Horor. cagito smart journal'', 2(2(2), 167–179).
Dewi, R. (2021). "Teknik Relaksasi Lima Jari Terhadap Kualitas Tidur". depublish.
Fitri, Emria&Erwinda, Ll. (2018). "Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling". konseling dan pendidikan, 4, 211–219.
kustiawan, andri arif. (2018). Pengaruh game online dan tindakan pencegahan. CV.AE Media Grafika.
Perry, P., & hall, stockert. (2017). dasar-dasar keperawatan. Elsevier.
sofia, rhosma dewi. (2014). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. depublish.
U. Mimi. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Perilaku Remaja di Mabes Game Center jalan Hr. Subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru.