PENGARUH PENKES MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN LEAFLET TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PRIMIGRAVIDA

Main Article Content

admin
Yuli Suryanti

Abstract

Pendidikan kesehatan merupakan cara penyampaian informasi kesehatan yang mudah diterima oleh ibu hamil dengan berbagai media yang digunakan. Masalah emosional yang terjadi pada kehamilan trimester III adalah perasaan cemas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode cemarah dan leaflet terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III. Penelitian Quasi Experiment dengan pre-test dan post-test group sebanyak 48 responden dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur skala kecemasan Taylor Manifest Anxiety  Scale (TMAS). Analisis data menggunakan Paired T test dan Independen T test. Hasil penelitian di dapatkan ada perbedaan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode ceramah dan leaflet dengan nilai p =0,000. Pendidikan kesehatan yang diberikan pada ibu hamil saat melakukan pelayanan antenatal terbukti mampu meningkatkan pengetahuan ibu hamil terhadap kehamilannya. Leaflet sangat efektif untuk menyampaikan pesan singkat dan padat media ini juga mudah dibawa dan disebarluaskan karena ukurannya lebih ringkas dan jumlah yang dibawa lebih banyak dari pada poster.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arief. (2010). Kehamilan Dan Kelahiran Sehat. Yogyakarta : Dianloka.

Dagu, S. M. (2010). Psikologi Keluarga : Peran Ayah Dalam Keluarga. Jakarta : Rineka Cipta.

Ilmiasih, R. (2014). Pengaruh Tehnik Hypnobirthing Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Pada Masa Persiapan Menghadapi Persalinan.

Induniasih, W. R. (2018). Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan (1st Ed.). Induniasih, W. Ratna.

Kundre, N. N. W. R., & Silolonga, W. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Primigravida Trimester Iii Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinandi Poli Kia, 1–8.

Pevi Primasnia, Wagiyo, E. (2013). Hubungan Pendampingan Suami Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Primigravida Dalam Menghadapi Proses Persalinan Kala I Di Rumah Bersalin Kota Ungaran, 212–216.

Pramudianti, D. N. (2017). Pengaruh Edukasi Postpartum Dengan Media Booklet Pada Ibu Pasca Sectio Caesarea Terhadap Parenting Self-Efficacy Pada Periode Awal Masa Nifas Di Rumah Sakit Wilayah Klaten.

Rahmat, I., & Siswosudarmo, R. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Primigravida Dalam Menghadapi Persalinan, 1(3), 166–174.

Risqi, H. (2015). Upaya Mengurangi Kecemasan Primigravida Trimester Iii Dalam Menghadapi Persalinan.