PENGARUH PIJAT OKSITOSIN TERHADAP PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM (STUDI LITERATUR) TAHUN 2021

Main Article Content

admin
Untari Anggeni

Abstract

ASI tidak keluar adalah kondisi tidak di produksinya ASI atau sedikitnya produksi ASI pada ibu. Pijat oksitosin adalah salah satu terapi atau pemijatan yang dilakukan pada tulang belakang dan untuk merangsang refleks oksitosin atau refleks let down. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pijat oksitosin pada ibu post partum. Desain penelitian ini adalah menggunakan metode studi literatur dengan teknik membandingkan (compare). Sumber data dari penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dengan melakukan literatur review dari jurnal-jurnal yang sesuai dengan topik peneliti dari tahun 2015-2020 sebanyak 15 jurnal. Berdasarkan hasil literatur review yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pijat oksitosin terhadap produksi ASI pada ibu post partum, yang menjadi pembedanya yaitu dari jumlah responden, teknik cara pengambilan sampel, dan metode penelitiannya. Diharapkan pada ibu yang mengalami ketidaklancaran produksi ASI agar rutin melakukan tindakan pijat oksitosin untuk memperlancar produksi ASI dan diharapkan untuk tenaga kesehatan khususnya bidan untuk mengenalkan dan melakukan pijat oksitosin kepada ibu-ibu post partum dengan keluhan ASI yang tidak lancar ataupun sedikit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Siregar, G. Dkk. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Peningkatan Produksi ASI Pada Ibu Postpartum. Journal Delihusada. Vol 2, No.2.

Saputri,. Ginting,. dan Zendato. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Post Partum. Jurnal Kebidanan Kestra. Vol 2 No 1.

Asih, Yusari,. (2017). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Nifas. Jurnal Keperawatan. Vol XIII, No 2.

Delima,. Arni,. dan Rosya. (2016). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Peningkatan Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Menyusui Di Puskesmas Plus Mandiangin. Jurnal Ipteks Terapan. V9.i4, 282-293.

Susianti,. dan Usman. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Post Sectio Cesarea. Vol 2, No 1. Halaman 37-45.
Dahniarti, Dhany. (2017). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Pada Ibu Postpartum Di Puskesmas Woha Bima Tahun 2017. JIME. Vol 3, No 2.

Batubara,. dan Dewi. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Post Partum. Vol 7, No 4.

Manurung,. dan Sigalingging. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Nifas Di Puskesmas Sitinjo Kabupaten Dairi. Excellent Midwifery Journal. Vol 3, No 3.

Magdalena,. Dkk. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Ibu Menyusui di Puskesmas Sidomulyo Pekan Baru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 344-348.

Apreliasari,. dan Risnawati. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Peningkatan Produksi ASI. JIKA. Vol 5, No 1.

Sulaeman, dkk. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Pengeluaran ASI Pada Ibu Post Partum Primipara. Jurnal Kesehatan Prima. V13i1.193.

Yantina, dan Fitriani. (2015). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Ibu Post Partum di wilayah kerja Puskesmas Raja Basa Indah Bandar Lampung. Jurnal Kebidanan. Vol 1, No 2. 98-102.

Triananinsi, dkk. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Kelancaran ASI Pada Ibu Nifas di Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba.

Magdalena, Tompunuh, dan Sujawaty. (2019). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Ibu Post Partum di Ruang Nifas Rumah Sakit Umum daerah Prof Aloei Saboe Kota Gorontalo.

Arniyanti, dan Angraeni. (2020). Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi ASI Ibu Post Partum di Rumah Sakit Khusus Daerah Ibu dan Anak Siti Fatimah Makassar. Jurnal Mitrasehat. Vol X, No 1. 2089-2551.

Walyani, Elisabeth Siwi,. dan Purwoastuti, Th Endang. 2020. Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutanto, Andina Vita. 2019. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Teori dalam Praktik Kebidanan Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sari, Lutfiana Puspita. 2017. Rahasia Sukses Mengoptimalkan Produksi ASI. Kombinasi Hypnobreastfeeding dan Pijat Oksitosin. Cetakan-1.Yogyakarta: Fitramaya.