PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PELAKSANAAN 1 PADA KLIEN PERILAKU KEKERASAN TERHADAP MENGONTROL MARAH

Main Article Content

admin
Novita Anggraini1
Gyatri F

Abstract

Kesehatan jiwa suatu keadaan yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual, dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu selaras dengan keadaan orang lain. Diperkirakan penduduk Indonesia yang menderta gangguan jiwa sebesar 25%. Seseorang yang menderita skizofrenia dan mempunyai gejala perilaku kekerasan harus mendapat penanganan atau tindakan keperawatan yang tepat. Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi tentang pengaruh penerapan asuhan keperawatan pada klien dengan perilaku kekerasan di ruang rawat inap Bangau RS Ernaldi Bahar Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan desain pra experimental dengan menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test. Sampel yang diperoleh sebanyak 50 responden dengan teknik purposive sampling. Dari hasil uji statistik yang dilakukan, didapatkan bahwa mean rank mengontrol marah sebelum di berikan strategi pelaksanaan 1 adalah 23,23 dan sesudah 10,00. Hasil uji menggunakan wilcoxon di dapatkan nilai p value = 0,000 < (0,05)  yang artinya hipotesis Ha ada pengaruh terhadap penerapan strategi pelaksanaan 1 sebelum dan sesudah  pada klien perilaku kekerasan terhadap mengontrol marah di unit rawat inap Bangau Rumah sakit Ernaldi Bahar Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalami, Ermawati. 2009. Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Jiwa. Jakarta – TIM.
Dermawan, D & Rusdi. 2013. Keperawatan Jiwa; Konsep dzan Kerangka Kerja Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Gosyen Publishing.
Elita, dkk. 2011. Presepsi Perawat Tentang Perilaku Kekerasan yang Dilakukan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Diakses tanggal 3 Maret 2016 dari ejournal.unri.ac.id./Index.php/JNI/article/view/637/630.
Fitria, Nita. 2009. Prinsip Dasar dan aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan (LP dan SP). Jakarta: Salemba Medika.
Fitria, Nita. 2012. Prinsip Dasar dan aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluan dan Strategi PelaksanaanTindakan Keperawatan (LP dan SP). Jakarta: Salemba Medika.
Hasniati. Murtiyani. Ilyas (2011). Pengaruh Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Klien Perilaku Kekerasan Terhadap Kemampuan Klien Mengontrol Perilaku Kekerasan. Diakses pada tanggal 25 april 2016 dari jurnal http://library.stikesnh.ac.id/files/disk1/6/e-library%20stikes%20nani%20hasanuddin--hasniatiah-285-1-26136065-1.pdf.
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2007. Pengatar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.
Judith M. Wilkinson (2012). Buku Saku Diagnosa Keperawatan. Jakarta. EGC
Muhith, Abdul ((2015). Pendidikan Keperawatan JIwa Teori dan Aplikasi. Ed. I. Yogyakarta.
Medical Record Rumah Sakit Dr. Ernaldi Bahar Palembang 2016.
Nasir, A & Muhith, A. 2011. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta. EGC.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.
Novitasari, Loren. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Pelaksanaan Pada Klien Halusinasi Terhadap Kemampuan Mengontrol Halusinasi di Ruang Rawat Inap Merpati 1 Rumah Sakit Ernaldi Bahar Palembang Tahun 2014. Skripsi. Palembang, Stikes Perdhaki Charitas.
Suryaningrum, 2013. Hubungan Antara Beban Keluarga Dengan Kemampuan Keluarga Merawat Pasien Perilaku Kekerasan di Poliklinik Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor. Diakses pada tanggal 3 Maret 2016 dari Jurnal.unimus.ac.id/Index.php/JKJ/article/view/ 976/1025.
Sya’diyah, H. 2013. Komunikasi Keperawatan (Communication Games Aplication). Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Videbeck, Sheila. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC
Videbeck, Sheila. 2012. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC