PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN HAND HYGIENE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI 169 PALEMBANG TAHUN 2019

Main Article Content

admin
Fera Siska

Abstract

Hygiene adalah usaha kesehatan yang bersifat preventif dengan cara memelihara dan mempertahankan atau memperbaiki kesehatan diri manusia. Menurut catatan World Health Organization tahun 2017, mencuci tangan dengan sabun mampu mengurangi 40 persen risiko diare dan 20 persen risiko infeksi saluran pernafasan akut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene pada anak sekolah dasar di  kelas 4 dan 5 SD Negeri 169 Palembang tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimental Design dengan rancangan  penelitian pre-post test design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 169 Palembang yang berjumlah 133 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 133 responden. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian diketahui sebelum diberikan pendidikan kesehatan mayoritas responden pengetahuan kurang sebanyak 101 responden (75,9%), sesudah diberikan pendidikan kesehatan responden pengetahuan baik sebanyak 94 responden (70,7%). Hasil uji statistik ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene pada anak sekolah dasar di  kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 169 Palembang tahun 2019 (p value = 0,000 < α = 0,05). Diharapkan terus memberikan informasi pada siswa untuk membiasakan diri cuci tangan menggunakan sabun di lingkungan sekolah dan rumah, guna mencegah timbulnya penyakit yang disebabkan oleh tangan yang kotor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Budiman & Riyanto, A. 2014. Kapita Selekta Kuesioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hadiatama. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal: UMS

Maryunani, Anik. 2013. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jakarta: Trans Info Media.

Mubarak, W.I. 2011. Promosi Kesehatan : Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

___________________. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

___________________.2009. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Edisi Revisi Jakarta. Rineka Cipta.

Potter & Perry. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktek. Jakarta : EGC

Parantika dan Hurdawaty. 2018. Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja. Jakarta: Erlangga

Profil SD Negeri 169 Palembang Tahun 2019.

Rahmawati Diah. 2017. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap tingkat pengetahuan hand hygiene pada anak sekolah dasar di SD Muhammadiyah Senggotan. Jurnal. Univ. Muhammadiyah Yogykarta.

Rindafit. 2015. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Terhadap Praktik Cuci Tangan Pada Anak Prasekolah di PAUD Darunjannah Tamansari Wuluhan Jember. Jurnal. STIKES Jember.

Wantiyah dkk. 2013. Hubungan antara perilaku mencuci tangan dengan insiden diare pada anak usia sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal. Tegal: Univ. Jember

WHO. 2017. Pencegahan Penyakit dengan Kebersihan Tangan. Online at http://WHO-hand-hygiene-html// diakses tanggal 11 Maret 2019