PERAN SUAMI DALAM MERAWAT ANAK PADA WAKTU ISTRI MENYUSUI EKSLUSIF PALEMBANG TAHUN 2019

Main Article Content

admin
Devi Cynthia Anggraini
Rohani

Abstract

Ayah atau suami memiliki peran yang sangat strategis dalam proses pemberian ASI, beberapa studi menunjukkan bahwa ayah berperan dalam mempengaruhi keputusan untuk menyusui, inisiasi praktek menyusui dan lamanya pemberian ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran suami dalam merawat anak pada waktu istri menyusui ekslusif di wilayah kerja BPM Bismirawati Palembang. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi,  sampel penelitian ini 4 partisipan dan 1 informan kunci yang didapatkan menggunakan teknik wawancara mendalam. Dari  wawancara  yang dilakukan  pada  suami yang memberikan dukungan pada istri waktu menyusui  sebagai partisipan  dan  Psikolog  sebagai  infroman  kunci didapatkan  informasi bahwa  Tn”M” memberikan dukungan dengan cara membantu pekerjaan istri dan mengurus anak untuk keberhasilan istri dalam pemberian asi ,  Tn”A” memberikan dukungan dengan cara membantu mengurus anak pada waktu istri menyusui ekslusif untuk keberhasilan menyusui, Tn”S” memberikan dukungan pada istri untuk kelancaran menyusui dengan cara ikut serta mengurus anak  dan Tn”S” memberikan dukungan dengan cara membantu istri mengurus anak dan memperhatikan nutrisi istri waktu istri menyusui. Artinya bidan telah memberikan sosialisasi tentang  pentingnya pemberian ASI dengan baik sehingga masyarakat mau memberikan ASI kepada anaknya sampai umur yang telah ditentukan. Diharapkan kepada tenaga kesehatan khususnya bidan lebih proaktif dalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya pemberian ASI pada bayi, karena ASI sangat banyak manfaatnya baik untuk ibu maupun untuk bayinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Denise, 2009, Partisipasi Ayah dalam Peningkatan ASI Ekslusif. Jakarta

Februhartanty, J. 2009. ASI, dari ayah untuk ibu dan bayi. Semesta Media.

Judhiastuty, 2008. Strategic roles of fathers in optimizing breastfeeding practices: a study in an urban setting of Jakarta, Summary of the dissertation, University of Indonesia

Khasanah, Nur. 2011. ASI atau Formula. Jakarta: flash book.

Pemprov DKI Jakarta. 2010. Pemberian ASI ekslusif perlu ditingkatkan (Diakses 19 november 2011).

Ramadani, M., Hadi, E.H. 2010. Dukungan suami dalam pemberian asi ekslusif di wilayah kerja puskesmas air tawar kota Padang, Sumatra Barat. Jurnal kesehatan masyarakat Nasional, 4(6), 269-274.

Handayani, Riska Ayu.2018. Motivasi suami mendukung pemberian asi ekslusif di wilayah kerja puskesmas kecamatan ciawi kabupaten bogor 2017. Jakarta: Universitas Islam Negeri.

Roesli, U., 2009. Panduan Praktis menyusui. Jakarta: Puspaswara.

Theresa Hunter1, Georg’ann Cattelona2. Breastfeeding initiation and duration in first-time mothers: exploring the impact of father involvement in the early post-partum period. Health promotion perspectives, 2014, 4(2), 132-136. doi:10.5681/hpp.2014.017 http://journals.tbzmed.ac.ir/HPP .

Utami, 2011, Sehat dan Produktif berkat Menyusui" Breastfeeding Fair, Jakarta

Yasmin Mithani, RM, RN, BScN,IBCLC,MSc, Zahra Shaheen Premani, RN, BScN, IBCLC, MSc, Zohra Kurji, RN, BScN, IBCLC, MSc, Shehnaz Rashid, RN, BScN, IBCLC,MPH. Exploring father’s role in breastfeeding practices in the urban and semiurban settings of karachi, Pakistan. The journal of perinatal education Fall 2015, Volume 24, Number 4.